Perbedaan Kalio vs Rendang Sapi

Rendang Sapi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI), Kalio adalah masakan dari daging dan sebagainya yang diberi santan dan bumbu, dimasak hingga hampir kering, rendang basah. Kalio merupakan sebutan dari rendang setengah jadu yang masih berwarna kecoklatan. Terkstur Kalio yang lebih basah dan berminyak dengan aroma karamel yang kuat. Kalio banyak dijual sebagai rendang basah di berbagai rumah makan Padang yang ada di luar Sumatra Barat. Hal ini karena proses pemasakan nya yang relatif lebih cepat sehingga lebih praktis dan ekonomis untuk disajikan. Biasnaya, kalio memiliki rasa yang tidak terlalu pedas dengan daging yang lebih lembut daripada rendang.

rendang sapi

Proses Pembuatan Rendang Sapi

Dalam proses pembuatan rendang sesuai resep asli Minang, Rendang akan melalui 3 tahap hasil masakan. Tahap pertama akan menghasilkan masakan yang kita sebut gulai. Dengan bahan baku yang sama, pada awal proses pemasakan kita akan mendapatkan masakan bersantan yang bertekstur encer dan berwarna kuning kemerahan. Masakan inilah yang kita sebut gulai. Jika pemasakan kita lanjutkan dengan terus menerus diaduk hingga 4 jam, akan dihasilkan masakan yang bertekstur basah, berminyak dan berwarna kecoklatan. Pada tahapan ini masakan yang dihasilkan disebut dengan Kalio. Kalio ini terkadang banyak orang menjualnya sebagai rendang basah, karena masih memiliki kandungan air. Cita rasa Kalio yang gurih, basah, dengan daging yang lembut ini juga banyak disukai. Namun, daya tahan kalio tidaklah seawet rendang karena masih ada kandungan airnya. Bila kita lanjutkan lagi proses pemasakan dengan pengadukan hingga total menjadi 7 jam, kita akan mendapatkan masakan dengan tekstur kering, berwarna coklat kehitaman dengan bau rempah yang tajam. Pada tahapan inilah kita mendapatkan masakan yang disebut dengan rendang.

Rendang berasal dari kata “Randang”. Dalam bahasa Minang, Marandang adalah proses memasak untuk menihilkan kandungan air. Sehingga di dapat hasil masakan yang lebih kering. Karena kadar airnya yang cenderung nihil ini, rendang menjadi awet, tahan lama dan bisa disimpan di suhu ruang hingga berbulan-bulan.

Pesan Rendang Sapi Online

Baik Kalio atau rendang tentunya memiliki rasa yang lezat karena kayak akan rempah-rempah. Kedua masakan ini memiliki banyak penggemar. Jangan khawatir, untuk menikmati nasi panas dengan Kalio ataupun rendang, kita tidak perlu menunggu lama memasaknya hingga berjam-jam. Uni Tutie sebagai produsen Kalio dan Rendang telah membuat terobosan dengan mengemas kedua masakan khas Minang ini sehingga bisa dengan mudah dinikmati oleh penggemarnya kapan saja dan dimana saja.

PT. Rendang Uni Tutie menyediakan Rendang kemasan dan Kalio kemasan yang dapat dibawa atau dikirim ke berbagai daerah, bahkan ke luar negeri.

Untuk pemesanan produk Kalio dan Rendang Uni Tutie, bisa langsung menghubungi di nomor +6281286059255 atau bisa membelinya di marketplace seperti tokopedia, shopee, blibli, eBay dan Alibaba.

Pesan bumbu rendang instan paling enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security