Rendang Kemasan Vakum, Pilihan Praktis dan Tahan Lama – Selain memiliki kekayaan alam yang beragam, Indonesia juga memiliki banyak pilihan kuliner khas. Umumnya kuliner Indonesia selalu memiliki cita rasa yang unik dan tidak bisa ditemukan di negara lain. Salah satunya adalah rendang, makanan khas Indonesia yang tepatnya berasal dari wilaya Padang, Sumatera Barat.
Nama rendang sudah sangat populer di seluruh Indonesia maupun di dunia, terlebih setelah dikategorikan sebagai makanan paling enak di dunia versi CNN Travel pada tahun 2017. Predikat sebagai makanan paling enak sebenarnya tidak berlebihan mengingat rendang memang memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Kelezatan rendang kemasan berasal dari bumbu rempahnya yang menghasilkan rasa pedas.

rendang kemasan vakum

Rendang dibuat dari bahan utama daging sapi yang diiris dengan ukuran tertentu. Daging kemudian dimasak bersama santan dan bumbu seperti cabai, bawang putih, bawang merah, jahe, laos dan serai. Bahan tambahan lain seperti daun jeruk dan daun salam memberikan aroma tersendiri. Dengan cara memasak yang demikian, rendang termasuk makanan basah yang mudah basi. Namun sekarang sudah ada rendang kemasan yang bisa lebih tahan lama.


Rendang yang dikemas dengan plastik vakum sebenarnya bukan satu-satunya pilihan rendang dalam kemasan. Ada juga rendang yang dikemas dalam kaleng seperti beberapa jenis bahan makanan lain yang sudah lebih dulu populer, semisal ikan sarden. Adanya rendang dalam berbagai kemasan ini memberikan lebih banyak pilihan kepada penggemar rendang untuk tetap bisa menikmati lezatnya rendang tanpa harus repot membuatnya sendiri.

Mengenal Kemasan yang Digunakan

Rendang kemasan vakum juga bukan makanan pertama yang dikemas menggunakan plastik. Telah berlangsung selama bertahun-tahun, masyarakat menggunakan plastik sebagai pengemas makanan. Hanya saja selama ini, makanan yang dikemas dalam plastik biasanya berupa makanan kering. Kemasan plastik yang dipakai pun sekadar bertujuan untuk melindungi isinya dan agar lebih mudah didistribusikan.

Berbeda dengan kemasan plastik biasa, plastik vakum yang digunakan untuk mengemas rendang terbuat dari material khusus. Material berupa LLDPE dan nylon masih harus melalui proses laminasi untuk memastikan isinya terjaga. Dengan pori yang lebih rapat dan kecil dibanding plastik lain, rendang yang dikemas di dalamnya akan terhindar dari kontaminasi udara. Setelah udara di dalam kemasan disedot, maka udara tidak dapat masuk kembali.

Mengenal Kelebihannya

Rendang kemasan merupakan inovasi terbaru yang dilakukan oleh para pebisnis di bidang kuliner demi menjawab kebutuhan konsumen. Dengan kemasan plastik khusus, rendang dalam kemasan vakum bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Daya tahan yang tinggi ini disebabkan tidak adanya oksidasi yang bisa memengaruhi kesegaran makanan. Mengingat bahwa rendang selalu berlumur bumbu, tentu inovasi ini sangat membantu.

Tidak hanya menguntungkan dalam hal daya tahan, rendang dalam kemasan vakum juga menarik minat pembeli lantaran lebih praktis. Tentu saja kemasannnya mudah dibawa dibanding dengan membawa rendang dari restoran dengan wadah biasa yang bisa bocor hingga isinya tumpah.

Kemasan plastik yang dilaminasi untuk mengemas rendang tidak membuat makanan tersebut kehilangan cita rasa khasnya. Rendang dalam kemasan plastik vakum tetap memiliki rasa yang nikmat dan bumbunya pun melimpah. Tak heran jika rendang dalam kemasan vakum ini menjadi pilihan banyak orang sebagai buah tangan.

Selain rendang kemasan kaleng, rendang kemasan juga belakangan banyak peminat. Tingginya permintaan terhadap rendang dalam kemasan vakum ini sebab makanan tersebut menjadi lebih praktis untuk dibawa. Meski dikemas berbeda dan mungkin melalui waktu panjang, rendang dalam kemasan tetap lezat dinikmati.

cara membuat rendang
makanan vakum tahan berapa lama
rendang kemasan paling enak
jual rendang kemasan
kemasan rendang agar tahan lama
cara mengemas rendang untuk dikirim
cara sterilisasi makanan rendang
mesin sterilisasi makanan.

ArabicChinese (Simplified)DutchEnglishFrenchGermanIndonesianTurkish