Apa Saja yang Perlu Diperhatikan dari Toko yang Jual Rendang Kemasan? – Dengan beragamnya suku serta banyaknya pulau di Indonesia, tidak heran jika kulinernya pun ikut beragam. Beberapa jenis kuliner bahkan sudah terkenal di dunia dan menjadi primadona karena rasanya yang nikmat dan lezat. Jika Anda termasuk salah satu pecinta olahan daging pasti akan sangat menyukai makanan rendang khas dari Padang di Pulau Sumatera. Rendang kemasan dengan brand Uni Tutie, menjadi pilihan rekomendasi untuk anda dan keluarga.

jual rendang kemasan

Untuk membuat rendang ini memang membutuhkan proses yang cukup panjang dan lama. Selain itu, bumbu-bumbu yang digunakan pun sangat beragam dan terkadang tidak mudah ditemukan jika menginginkannya saat itu juga. Untungnya, saat ini sudah banyak sekali dijual bumbu instan untuk masakan rendang. Dengan kemasan ekonomis, Anda sudah bisa mendapatkan rendang dengan rasa rumah.
Sayangnya, meskipun sudah menggunakan bumbu yang tepat takaran serta sudah ditentukan porsinya, rendang yang dibuat ternyata tidak sesuai yang diperkirakan. Jika Anda ingin lebih praktis dan lebih aman maka bisa langsung mencari orang yang jual rendang kemasan. Saat ini penjual rendang matang yang sudah dikemas sangat mudah ditemukan apalagi dengan bantuan adanya penjual online.
Pembeli rendang kemasan tidak hanya terbatas warga dalam negeri saja. Orang-orang Indonesia yang bermukim di luar negeri pun kini bisa merasakan makanan lokal tanpa harus pulang ke tanah air. Tapi, jika Anda berniat untuk membeli rendang dalam bentuk kemasan maka harus perhatikan beberapa hal supaya kualitas rendang yang Anda terima tetap terjamin. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli rendang kemasan.
Bahan Dasar Pembuatan Rendang
Saat ini, bahan dasar untuk membuat rendang bukan hanya daging semata. Bagi orang-orang yang menjalankan hidup sebagai vegetarian tapi tetap ingin merasakan kelezatan rendang, kini sudah tersedia rendang khusus vegetarian. Oleh sebab itu ketika Anda memutuskan untuk membeli rendang Anda harus perhatikan apakah rendang yang dijual rendang daging sapi atau justru rendang untuk vegetarian.
Orang-orang yang jual rendang kemasan untuk vegetarian biasanya menggunakan bahan dasar seperti jamur, telur bahkan jengkol. Sedangkan untuk daging, selain daging sapi, ada beberapa penjual rendang kemasan yang menjual rendang daging ayam dan juga rendang paru. Oleh karena itu, Anda harus sangat berhati-hati memperhatikan bahan dasar rendang jangan sampai salah pilih dan menyesal.
Tingkat Kepedasan Bumbu
Rendang memang merupakan makanan yang pedas tapi tidak semua orang bersahabat dengan rasa pedas tersebut. Apalagi jika orang yang ingin memakan rendang tersebut adalah orang luar negeri, maka rasa pedasnya harus lebih toleran dengan lidah mereka. Oleh karena itu, hadirnya rendang dengan berbagai level kepedasan menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin mencoba rendang tanpa takut rasa pedas.
Sebelum membeli rendang, baca dulu penjelasan atau keterangan yang tertera di toko online yang jual rendang kemasan apakah merk atau toko tersebut menyediakan tingkat kepedasan yang berbeda atau tidak. Selain menyediakan rendang dengan tingkat kepedasan yang sudah ditentukan, pada beberapa toko atau penjual rendang kemasan juga menerima pesanan rendang dengan pedas yang disesuaikan.
Kemasan dan Gramasi
Mencoba rendang kemasan bisa untuk Anda sendiri atau dibagi bersama keluarga tergantung dari kemasan berapa gram yang Anda beli. Untuk kemasan kecil tersedia pilihan kemasan 100 hingga 250 gram yang cocok untuk persediaan makan sendiri selama beberapa hari. Jika Anda memesan untuk seluruh anggota keluarga maka pesan kemasan rendang yang lebih besar dari 250 gram, misalnya kemasan 500 gram.
Untuk kemasannya sendiri terdapat berbagai jenis kemasan yang digunakan untuk rendang demi kemudahan penyajian, tingkat keawetan dan juga keindahan sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Ada rendang yang disimpan dan dikemas dalam toples. Rendang dalam tempat ini mudah untuk disajikan, terjaga kesegarannya dan mudah juga untuk disimpan baik di lemari maupun di dalam kulkas.
Ada juga yang jual rendang kemasan dalam kotak plastik supaya lebih praktis dan anti pecah. Untuk lebih praktis dan bisa dibawa ke mana-mana maka ada rendang dalam kemasan plastik benang, plastik yang bagian dalamnya dilapisi alumunium foil. Rendang dalam kemasan ini tidak cocok untuk disimpan lama-lama dan ada baiknya habis disantap dalam satu kali makan saja supaya rendang tidak terkontaminasi.
Asal Produksi Rendang
Meskipun rendang merupakan makanan khas dari daerah Padang, Sumatera Barat, tidak selamanya yang menjual rendang dalam kemasan itu asli orang Padang. Jika ingin mendapatkan kualitas rendang asli Padang yang terbaik maka ada baiknya memesan rendang dari daerah Padang dan sekitarnya. Rendang yang dibuat asli di Padang biasanya menggunakan bumbu khas dan otentik daerah sana.
Walaupun begitu bukan berarti rendang yang dibuat dan dijual oleh orang-orang yang tidak berdomisili di Padang kalah enaknya. Kebanyakan orang-orang yang jual rendang kemasan menggunakan resep yang sudah diberikan secara turun temurun atau belajar langsung dari orang Padang. Dengan begitu, Anda tetap bisa mendapatkan cita rasa rendang yang mendekati rasa asli tapi tetap bersahabat di lidah.
Pastikan Keamanan dan Sertifikat Kehalalannya
Bagi orang-orang beragama Islam kehalalan makanan harus sangat diperhatikan. Karena kebanyakan rendang kemasan yang dijual merupakan produksi rumahan alias home industry maka jarang sekali memperhatikan sertifikat kehalalan. Padahal, dalam bidang industri makanan seperti ini, apalagi bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam, kehalalan suatu produk sangatlah penting.
Selain sertifikat kehalalan yang dikeluarkan oleh MUI, orang atau toko yang jual rendang kemasan harus memiliki sertifikat dari BPOM yang menyatakan bahwa makanan tersebut aman untuk dikonsumsi. Bagi usaha rumahan maka harus memiliki nomor usaha yang terdaftar yaitu nomor PIRT atau Pangan Industri Rumah Tangga dan juga nomor dari Departemen Kesehatan.
Beberapa Rekomendasi Rendang Kemasan
Bagi Anda yang tertarik mencoba rendang kemasan dan ingin mengirimkannya ke sanak keluarga atau teman di luar negeri, Anda bisa mencoba beberapa produk ini. Produk rendang pertama dari Kai Laziz Food yang memproduksi makanan instan. Kelebihan dari rendang ini adalah ditambah dengan kacang merah dan masa simpannya bisa mencapai hingga satu tahun.
Jika ingin mencoba level kepedasan rendang yang berbeda maka Anda bisa mencoba toko yang jual rendang kemasan dengan merk dagang Uda Gembul. Tingkat kepedaasan mencapai hingga 10 level dan bumbu yang digunakan asli dari tanah Sumatera seperti Aceh dan Lampung. Untuk ketahanan, rendang Uda Gembul bisa tahan hingga 9 bulan.
Butuh rendang dalam porsi besar? Coba pesan rendang Mak Tua yang berisi sekitar 15 potong daging sapi dengan menggunakan kemasam toples botol plastik. Rendang ini kering dan dimasak dengan metode slow cook sehingga bumbunya sangat meresap. Meskipun begitu dagingnya tetap lembut dan bisa memuaskan lidah Anda yang kangen dengan masakan rendang.
Bagi para vegetarian, Anda bisa mencoba membeli rendang jamur produksi Rendang Nenek. Meskipun bukan daging, rasa jamur rendang tidak kalah gurih dengan daging sapi. Bukan vegetarian tapi bosan dengan daging sapi? Anda bisa coba cari pedagang yang jual rendang kemasan berbahan dasar ayam dari Asese, berbahan dasar belut dari Uninam atau berbahan dasar paru dari Rendang Den Lapeh.

Jual Rendang Kemasan Depok

Grand Depok Residence Kav 109, Tanah Baru, Beji, Depok 16426

ArabicChinese (Simplified)DutchEnglishFrenchGermanIndonesianTurkish