Olahan daging sapi selain di rendang

olahan daging sapi selain di rendang. Daging sapi merupakan bahan pangan yang dapat diolah menjadi aneka masakan lezat. Pengolahan dagung sapi yang tepat sangat tergantung dari bagian daging sapi mana yang digunakan sebagai bahan baku. Bagian sapi yang mengandung banyak lemak jelas akan beda pengolahannya dengan bagian sapi has yang cenderung tanpa lemak.

olahan daging sapi selain di rendang

Rendang daging sapi adalah salah satu olahan daging sapi khas Indonesia yang sudah banyak dikenal orang di seluruh dunia. Kelezatan rendang daging sapi sudah diakui banyak orang. Selain dibuat rendang, ada banyak olahan daging sapi yang bisa kita pilih, seperti sambalado, rawon, sate, bistik, gulai, kalio, bakso, sop, tongseng, dendeng balado, soto daging, daging lada hitam, teriyaki, gepuk, rolade dan banyak lagi olahan lainnya. Beberapa olahan daging sapi ini juga merupakan olahan khas dari suatu daerah. Karena Indonesia sangat kaya akan hasil tanam bumbu dan rempah-rempah, menjadikan Indonesia kaya akan beragam kulinernya.

Apa Saja olahan daging sapi selain di rendang

Berikut akan kita bahas beberapa olahan daging sapi selain rendang.

  1. Rawon
    Rawon merupakan olahan daging sapi yang berasal dari Jawa Timur. Bumbu utama dari olahan ini adalah kluwek yang memiliki aroma dan rasa yang khas serta menjadikan rawon berwarna hitam. Karena warnanya yang hitam, di luar negeri rawon dikenal dengan nama black soup.

Bagian daging terbaik yang diolah menjadi rawon adalah daging yang sedikit berlemak, umumnya bagian sandung lamur. Daging sapi dipotong kecil-kecil. Bumbu yang digunakan antara lain kliwek, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunir, ketumbar, lengkuas dan serai. Semua bahan ini dihaluskan kemudian ditumis dengan sedikit minyak sampai harum. Lalu dimasukkan dalam rebusan daging yang sudah empuk. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek. Selanjutnya rawon disajikan dengan pelengkap tauge pendek, bawang gorwng, sambal dan telor asin.

  1. Dendeng balado
    Balado adalah masakan yang berasal dari Minang, Sumatera Barat. Balado berasal dari kata ‘lado’ yang berarti cabai atau pedas. Jadi, masakan balado maksudnya makanan yang berbumbu pedas. Bagian daging sapi yang paling cocok diolah menjadi dendeng balado adalah bagian yang tanpa lemak. Dendeng balado adalah olahan daging sapi yang dibuat dengan cara mengiris daging sapi menjadi tipis lalu menggorengnya sampai kering lalu dibumbui dengan bumbu balado. Bumbu balado dibuat dengan cara menumis cabai, bawang merah, bawang putih yang telah dihaluskan agak kasar.
    Agar lebih wangi, bisa ditambahkan lengkuas, daun salam, dan serai.
  2. Sop Daging Sapi
    Sop Daging Sapi merupakan olahan berbahan dasar daging sapi dan aneka sayuran. Daging dapi yang cocok dibuat menjadi sop adalah daging sapi yang mengandung lemak. Meskipun demikian bisa juga menggunakan daging sapi yang tanpa lemak. Cara membuat sop daging sapi adalah dengan merebus daging sapi yang telah dipotong kecil-kecil hibgga empuk. Lalu tambahkan tumisan bumbu halus yang terdiri dari campuran bawang merah, bawang putih dan merica. Untuk menambahkan aroma dan citarasa, bisa ditambahkan kapulaga dan bunga lawang ke dalamnya. Sayuran yang biasa di campurkan ke dalam sop daging seperti wortel, kentang dan buncis.
  3. Bistik
    Bistik merupakan olahan yang mendapat pengaruh dari Belanda. Pada jaman VOC dulu, Belanda mengenalkan kuliner daging yang diberi bumbu, dipanggang dan disajikan bersama wortel, kentang, dan buncis. Pada perkembangannya, bistik di Indonesia mengalami perubahan baik dari bumbu atau cara pengolahan. Di Solo misalnya, olahan yang menyerupai bistik Belanda ini dinamai selat Solo. Namun di daerah lain bistik diolah dengan dengan ciri khas tambahan kecap sehingga berwarna kehitaman dan cenderung agak manis. Bumbu utama yang dipakai dalam membuat bistik daging sapi adalah bawang merah, bawang putih, merica dan pala yang dihaluskan. Sebagai penambah aroma bisa ditambahkan daun salam, lengkuas dan sereh. Tentu saja tidak ketinggalan kecap.
  4. Sate Maranggi
  5. Olahan daging sapi yang tak kalah enak dari rendang adalah sate Maranggi. Tidak diketahui persis asal kuliner yang satu ini, tapi di Indonesia sate Maranggi banyak terdapat di daerah Purwakarta dan Cianjur. Sate Maranggi dibuat dengan cara memotong daging sapi berbentuk dadu sekitar 1 cm. Lalu diberi aneka bumbu dan rempah-rempah yang telah dihaluskan. Setelah itu di tusuk ke tusukan sate lalu di bakar. Sate Maranggi tidak disajikan dengan bumbu kacang tetapi disajiakn dengan potongan tomat segar yang dicampur dengan bawang dan cabai.

Baca juga rendang kemasan tahan berapa lama

Tonton video rendang

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ArabicChinese (Simplified)DutchEnglishFrenchGermanIndonesianTurkish