Yuk Cari Tahu Bedanya Rendang Bukittinggi dan Rendang Padang

Rendangunitutie.com – Rendang merupakan salah satu jenis masakan yang sangat khas dari Indonesia.  Tetapi apakah kalian sudah mengenal rendang Bukittinggi ? Selama ini rendang dikenal sebagai salah satu makanan yang berasal dari Padang Provinsi Sumatra Barat. Namun ternyata masing-masing kota di Sumatra Barat mempunyai sajian rendang yang berbeda. Meskipun pada dasarnya bahan pembuatan rendang ini dari daging sapi yang diberi bumbu rempah-rempah tetapi rendang mempunyai ciri khas tersendiri dari masing-masing daerah. Hal ini ternyata juga berlaku pada rendang Bukittinggi dan rendang Padang dimana keduanya memiliki ciri khas yang berbeda tetapi belum banyak disadari oleh masyarakat.

rendang bukittinggi

Perbedaan Rendang Bukittinggi dan Rendang Padang

Selama ini mungkin sebagian besar penikmat rendang tidak menyadari bahwa rendang memiliki beberapa jenis. Dimana jenis rendang tersebut disesuaikan dengan daerah asalnya. Sekilas tampilan dan rasa rendang memang hampir sama tetapi tahukah anda jika rendang tersebut ternyata juga memiliki ciri khas masing-masing. Sebagai contohnya yaitu rendang Bukittinggi dan rendang Padang yang selama ini sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Perlu anda ketahui pula bahwa ternyata tampilan serta rasa rendang bisa menjadi penentu dari mana rendang tersebut berasal.

Ciri khas utama yang dimiliki oleh rendang adalah warnanya yang coklat atau dan cenderung kehitaman.Warna serta tekstur rendang biasanya Dipengaruhi oleh bumbu serta lamanya waktu proses pemasakan rendang. Sajian rendang ada yang menggunakan bumbu dasar atau basic dan ada pula yang ditambah dengan bumbu maupun rempah sehingga citarasanya menjadi berbeda. Lamanya proses pemasakan rendang ini juga membuat warna rendang semakin hitam.

Untuk rendang Bukittinggi mempunyai ciri khas berupa warnanya yang hitam, terasa kering serta terkadang ditambah dengan baby potato. Warna rendang dari Bukittinggi ini memang cenderung gelap dan hitam sebab rendang ini memang di masak dalam kurun waktu yang sangat lama. Semakin lama proses pemasakan rendang maka semakin hitam pula warna dari rendang tersebut. Namun anda tak perlu khawatir sebab sajian rendang ini justru semakin enak rasanya. Tak jarang ada pula yang memasak rendang dari Bukittinggi selama dua hari. Selain daging sapi, ternyata rendang dari Bukittinggi ini juga bisa dibuat dari bahan lain salah satunya daging itik dan jengkol. Tetapi sesuai dengan kekhasan rendang maka kebanyakan rendang dari Bukittinggi dibuat dari bahan daging sapi.

Sedangkan untuk rendang Padang memiliki ciri khas berupa warnanya yang bervariasi ada yang kuning dan coklat. Selain itu rendang Padang juga tersedia dalam tekstur  rendang kering atau basah yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Kebanyakan rendang Padang berbahan dasar daging sapi yang diolah dengan bumbu rempah sehingga memiliki citarasa yang khas. Rendang Padang juga menggunakan cabai merah sebagai bumbu sehingga rendang ini akan terasa pedas namun tetap lezat ketika disajikan dengan nasi. Bagi anda pencinta rendang Padang bisa menemukan dengan mudah di rumah makan Padang yang kini tersebar di seluruh Indonesia.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan rendang Bukittinggi dan rendang Padang yang bisa menambah wawasan anda. Baik dari Bukittinggi maupun Padang masing-masing memiliki citarasa yang lezat dan khas, sehingga menjadi salah satu kekayaan kuliner nusantara yang pantas untuk terus dilestarikan. Tidak hanya itu, kini sajian rendang juga semakin dikenal oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia bahkan sudah mencapai ke luar negeri karena rasanya yang memang lezat.

Saat ini rendang Uni Tutie menyajikan rendangnya dengan rasanya yang khas. Berbeda dengan rendang lain yang dijual, rendang Uni Tutie tidak menggunakan bahan pengawet ataupun penyedap rasa MSG, sehingga rendang Bukittinggi ini dapat disantap oleh siapa saja.

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security